Manfaat Tidur Di Alam Terbuka

Apakah kamu sering kesulitan tidur di malam hari? Atau alih-alih segar dan semangat, kamu merasa lelah saat bangun di pagi hari? Masalah tidur seperti itu sering dialami oleh masyarakat perkotaan dengan rutinitas yang padat. Rata-rata orang akan menebus waktu tidurnya di akhir pekan. Tapi sebenarnya ada solusi lain yang lebih sederhana dan dilakukan di hari kerja sekalipun. Solusi itu adalah tidur di alam terbuka.

Memperbaiki Pola Tidur

Tidur di alam terbuka, di dalam tenda, hammock, ataupun langsung beratapkan langit bebas dapat meningkatkan pola serta kualitas tidur. Salah satu alasan terbesarnya adalah paparan cahaya yang tubuh terima.

Saat berada di alam terbuka, sumber cahaya utama adalah sinar matahari. Begitu gelap malam menyelimuti dan rasa dingin semakin menusuk, tubuh mulai mengirimkan sinyal untuk istirahat kepada tubuh dan otak. Begitu pula saat matahari terbit keesokan harinya, tubuh akan menangkapnya sebagai tanda untuk bangun. Dengan gerakan matahari yang statis setiap harinya, pola tidur pun akan seragam dan tidak berubah.

Hal ini tentu berbeda jika kamu berada di dalam ruangan yang terang sepanjang hari. Hari sudah larut tapi tubuh kamu terus terpapar cahaya lampu ruangan sehingga tubuh terus bekerja dan tidak siap-siap untuk beristirahat.

Salah satu tenda di Sayang Heulang, Dusun Bambu

Menghirup Udara Segar

Selain sinar matahari, tidur di alam terbuka juga memberimu kualitas udara yang segar. Setiap udara yang kamu hirup akan menggerakan otak dan organ tubuh lainnya. Semakin baik kualitas udara kita hirup, semakin baik tubuh bekerja. Itu juga alasan kenapa bekerja di malam hari, yang sepi dan hening, lebih mampu meningkatkan kemampuan untuk berpikir dan berkonsentrasi.

Ketika tidur di alam terbuka, kamu mendapatkan akses langsung ke udara segar, baik saat akan tidur dan bangun. Tidak seperti saat kamu berada di dalam ruangan dengan AC menyala dan jendela tertutup karena alasan keamanan. Udara yang kamu hirup adalah udara yang hanya ada dan berputar di dalam. Semakin lama, tentu semakin pengap rasanya.

BACA JUGA:

Restoran Purbasari: Santap Makanan Sunda di Tepi Danau

6 Manfaat Berwisata ke Alam

Tips Liburan Asyik Tanpa Menguras Isi Dompet

Melepas Lelah dan Stres

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Environment and Behavior menunjukkan bahwa dengan hanya melihat pohon, level stres kamu menurun bahkan hilang. Bahkan jika pohon yang dilihat dalam bentuk gambar saja, terbukti menurunkan tekanan darah. Tidur di alam terbuka dikelilingi pepohonan rimbun pastinya akan melepaskan lelah dan stres yang kamu rasakan.

Dusun Bambu yang berada di dataran tinggi Bandung menawarkan penginapan berbentuk tenda bernama Sayang Heulang atau Camping Ground. Berada di bagian paling atas Dusun Bambu, Sayang Heulang mempunyai pintu dan area privat.

Menikmati api unggun dengan teman terdekat di Sayang Heulang, Dusun Bambu.

Mengadopsi konsep camping premium dengan menambahkan fasilitas modern seperti WIFI dan kamar mandi pribadi. Semuanya disiapkan untuk memanjakan sekaligus melindungi kamu ketika menghabiskan malam di alam terbuka. Api unggun dan peralatan BBQ juga tersedia untuk menambah keseruan malam kamu bersama kawan terdekat atau keluarga kecil.

Dengan Sayang Heulang di Dusun Bambu, tidur di alam terbuka menjadi pengalaman yang tak hanya menyehatkan tapi juga menyenangkan.

Cek promo, kegiatan seru dan informasi lengkap seputar Dusun Bambu lewat Instagram @dusun_bambu atau hubungi +62 – 82782020 /21 dan +62 – 815-6380-8021 (WhatsApp).

Sumber:

Time

Grand Trunk

Related

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest posts

Categories