6 Jajanan Sunda Berbahan Aci, Sudah Coba Semua?

Di Bandung, kamu bisa menemukan berbagai jajanan kaki lima yang murah meriah dan enak. Tahu nggak, semua jajanan Sunda itu punya bahan dasar yang sama? Yap, hampir semuanya menggunakan tepung tapioka atau tepung kanji yang juga disebut tepung aci.

Aci berasal dari umbi akar ketela pohon, yaitu singkong. Dari sebuah singkong, kemudian diekstrak hingga diperoleh patinya. Karena mudah didapatkan dan cenderung terjangkau, aci ini banyak dimanfaatkan dalam pembuatan makanan dan jajanan tradisional Sunda. Kamu mau tahu nggak apa saja makanan itu? Simak daftarnya di bawah ini. 

1. Cireng

Cireng adalah singkatan dari aci digoreng. Adonan cireng terdiri dari aci, irisan daun bawang, bumbu penyedap, dan air. Adonan dibentuk pipih lalu digoreng.

Cireng pada umumnya polos atau diberi isian oncom. Namun kini cireng berinovasi dengan berbagai bentuk dan isian, seperti daging sapi atau ayam, sosis, keju dan lainnya. Teman pelengkap cireng juga tidak lagi hanya cabe rawit atau saus sambal. Bumbu rujak yang asam pedas kini jadi pelengkap cireng yang tak kalah enak.  

2. Cilok

Cilok adalah singkatan dari aci dicolok atau ditusuk. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat cilok tidak jauh berbeda dengan adonan cireng. Yang membedakannya adalah cara memasaknya.

Setelah dibentuk bola-bola kecil seperti bakso sapi, cilok direbus dan dihangatkan dengan cara dikukus. Namun kini ada juga cilok yang digoreng. Apapun cara memasaknya, cilok tak lengkap tanpa bumbu kacang dan kecap manis.

3. Cimol

Cimol adalah singkatan dari aci digemol. Bentuknya mirip dengan cilok dan bahan-bahan utamanya tidak jauh berbeda dengan cireng. Hanya saja bagian dalam cimol biasanya kosong atau kopong.

Saat digoreng, cimol harus terendam minyak baru dimasak untuk menghindari letupan. Cimol biasa disantap dengan bumbu kacang atau bumbu kering berbagai rasa, seperti keju, jagung panggang, dan BBQ.

4. Cilor

Cilor adalah singkatan dari aci telor. Cilor punya banyak bentuk dan cara memasak yang berbeda. Ada cilor yang bentuknya seperti pancake. Adonan aci dibentuk memanjang, dipotong-potong, lalu direbus hingga matang.

Aci matang lalu digoreng dalam wajan cetakan dan ditambah kocokan telur. Ada cilor yang ditusuk layaknya sate kemudian dibalut kocokan telur dan digoreng. Cilor biasanya disantap dengan bumbu kering berbagai rasa, seperti keju dan BBQ.

5. Bakso Aci

Bakso aci tidak sepenuhnya terbuat dari aci. Adonannya masih menggunakan tepung sagu dan daging. Walaupun pembuatannya mirip bakso pada umumnya, bakso aci punya bahan pelengkap/topping yang berbeda.

Satu porsi bakso aci terisi beberapa buah baso aci, cuanki, ceker ayam, dan sukro cikur. Topping lain seperti daging tetelan sapi dan cuanki tahu juga bisa ditambahkan. Bakso aci semakin nikmat disantap saat hujan atau cuaca dingin.

6. Cipuk

Cipuk adalah singkatan dari aci kerupuk. Adonan cemilan ini terbuat dari kerupuk aci warna warni yang dicampur dengan tepung kanji dan bumbu penyedap. Adonan cipuk dicetak dalam bentuk panjang seperti bambu atau dikukus. Cipuk yang telah matang kemudian diiris dan digoreng. 

Selain enam menu di atas, kamu juga harus coba cimin, cibay, cihu, bacil, dan masih banyak lagi. Biar lebih gampang mencicipi semua makanan itu, kamu langsung berkunjung ke Dusun Bambu aja.

dusun bambu pasar khatuliastiwa
Keluarga memesan makanan di Pasar Khatulistiwa di Dusun Bambu

Dusun Bambu punya tiga restoran, Burangrang, Purbasari, dan Pasar Khatulistiwa. Selain ada lebih dari 50 tenant makanan khas Sunda, Pasar Khatulistiwa juga menyediakan kerajinan tangan yang cocok dijadikan oleh-oleh. 

Cek promo, kegiatan seru dan informasi lengkap seputar Dusun Bambu lewat Instagram @dusun_bambu atau hubungi +62 – 82782020 /21 dan +62 – 815-6380-8021 (WhatsApp).

Yuk, pilih Dusun Bambu jadi tujuan wisatamu selanjutnya!

Related

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest posts

Categories