6 Manfaat Berwisata ke Alam

Apa yang kamu temui saat berlibur ke tempat wisata berbasis alam? Perjalanan panjang dan mendaki di hutan, pemandangan langit biru yang sangat cerah, atau berjalan-jalan di pinggir pantai dengan deburan ombak kecil. Tak hanya rasa rileks dan tenang, manfaat berwisata ke alam ternyata banyak dan mungkin kamu belum sadari, loh. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Sumber Inspirasi dan Kreativitas

Pemandangan alam yang indah tidak hanya cocok untuk dipamerkan di akun Instagram. Tempat-tempat yang membuatmu kagum juga dapat menjadi inspirasi yang bisa meningkatkan kreativitas loh. Sebuah studi yang dilakukan di Stanford bahkan menyatakan kekaguman berpengaruh pada peningkatan kesabaran, minat dalam membantu orang lain, dan kepuasan hidup yang lebih tinggi.

Memperbaiki Suasana Hati

Tahukan kamu, berjalan secara teratur lebih efektif dalam mengurangi gejala depresi daripada mengonsumsi obat. Efeknya lebih positif lagi jika dilakukan rutin seperti tiga kali seminggu dan dilakukan di alam. Tak hanya mendapatkan semua manfaat itu, kamu juga merasa lebih hidup dan suasana hati bagus. 

Membantu Penyembuhan Trauma

Dengan menghabiskan waktu di luar ruangan dan dekat alam, seseorang yang mengalami gangguan stres pascatrauma akan lebih terbantu. Menikmati alam yang alami akan membantu mereka pulih dari pengalaman buruk dan mendukung proses adaptasi ke kehidupan normal. Manfaat berwisata ke alam ini tak hanya kepada fisik, tapi juga kesehatan mental kamu.

Langkah Awal untuk Rutin Olahraga

Kegiatan di alam biasanya mengharuskan kamu untuk berjalan kaki, memanjat, membawa barang-barang. Gerakan-gerakan fisik itu tampak kecil tapi dapat memancing keinginanmu untuk bergerak lagi di hari-hari berikutnya. Bergerak di alam juga lebih menyehatkan dan menyegarkan. Cocok untuk kamu sudah lama ingin rutin olahraga.

Udara Lebih Sehat

Selama ini kamu kemungkinan menghabiskan waktu di dalam ruangan yang punya sirkulasi udara yang kurang baik. Udara di luar ruangan lebih mengkhawatirkan dengan polusi dari kendaraan bermotor dan lainnya. Kondisi ini jelas tidak baik untuk kesehatan. Dengan berwisata ke alam yang minim polusi dan masih dipenuhi pepohonan, kualitas udara yang kamu hirup lebih baik dan lebih sehat tentunya. 

Menikmati Sinar Matahari

Bagi yang menghabiskan sebagian waktunya di dalam ruangan, sinar matahari adalah sebuah kemewahan. Meskipun mengandung radiasi UV yang berbahaya, sinar matahari pada jam-jam tertentu baik untuk kesehatan. Dengan berwisata ke alam, kamu bisa mendapatkan sinar matahari sambil tetap bersenang-senang.

Mau tahu tempat wisata berbasis alam yang penuh aktivitas menyenangkan? Dusun Bambu yang ada di dataran tinggi Bandung!

Mengarungi danau menggunakan sampan di Dusun Bambu

Di Dusun Bambu, kamu bersama teman atau pun keluarga mengarungi Danau Purbasari menggunakan sampan. Setelah itu kamu bisa masuk ke salah satu saung Purbasari dan menikmati sajian khas Sunda sambil lesehan. Udara segar dan suasana tenang di Dusun Bambu pastinya akan menyegarkan pikiranmu.

Cek promo, kegiatan seru dan informasi lengkap seputar Dusun Bambu lewat Instagram @dusun_bambu atau hubungi +62 – 82782020 /21 dan +62 – 815-6380-8021 (WhatsApp).

Yuk, pilih Dusun Bambu sebagai tempat liburan bersama keluarga.

Sumber:

Smarter Travel

Related

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest posts

Categories